Sejarah STIMI

Sejarah STIMI

          Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) mulai didirikan sejak Tahun 2000 dengan akte notaris Nomor: 73 tanggal 14 Juli 2000 di Meulaboh Ibukota Kabupaten Aceh Barat dibawah naungan Yayasan Pembangunan Masyarakat Indonesia yang diketuai oleh Bapak Ir. Nyak Ali, SE. Pada saat itu STIMI ini merupakan Perguruan tinggi swasta ketiga  yang tumbuh di wilayah barat dan selatan Aceh dengan Prodinya : Manajemen Keuangan dan Perbankan (MKP) untuk tingkatan Deploma Tiga  dan Manajemen untuk Prodi tingkat Strata I.

          Periode perdana Tahun 2001 – 2004 oleh Yayasan menunjuk saudara Ir T.Irwansyah, MSi sebagai ketuanya. Dalam kepemimpinan beliau telah dapat  mengoperasionalkan kegiatan belajar mengajar walaupun untuk sarana fisik atau gedung masih dalam status sewa. Mahasiswa terus adanya peningkatan dari tahun ke tahun terutama dari unsur PNS Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten tetangganya yang melanjutkan pendidikannya pada STIMI..Setahun menjelang akhir priode Bapak Irwansyah telah mulai memakai gedung sendiri di Jln Bakti Pemuda  atau samping Mesjid Agung Meulaboh.  Berakhir priode beliau maka untuk priode kedua  2005- 2009 kepengurusannya beralih untuk Ketua Yayasan ditunjuk Saudar Saiful Edwar dan Ketua STIMI ditunjuk saudara Ir Nyak Ali, SE. Pada priode ini mahasiswa terus bertambah sehingga memerlukan tambahan ruang kuliah dengan cara sewa dua Ruko di Sinebok. . Di tahun kedua priode ini STIMI Meulaboh telah dapat melaksanakan acara Wisuda perdana Bulan Maret 2005 yang bertempat di Gedung Diklat Pemkab Aceh Barat. Menjelang akhir tahun 2006 Sdr  Ir Nyak Ali SE meninggal dunia maka untuk melanjutkan priode ini oleh pembina Yayasan menunjuk Sdr Bambang Irawan, SE sebagai pengganti kepemimpinan STIMI untuk ketiga kalinya. Dalam kepemimpinan beliau ini tidak terlihat adanya  gebrakan untuk kemajuan maka pada saat itu pembina  Yayasan menunjuk saudara Mulyagus, STTP, MSi sebagai Ketua STIMI keempat di tahun 2007/2008.  Di priode ini beliau melakukan gebrakan terhadap penertiban akademik dengan memperbaiki pedoman akademik. Pada awal tahun 2008 pembina yayasan merobah nama yayasan  menjadi Yayasan Nyak Ali Muda (YPNAM) dengan akte notaris Nomor: 23 tanggal 12 Mei 2008 dengan ketua Yayasannya ditunjuk saudara Edi Wanda. Dalam perjalanan tahun 2008 ini saudara Mulyagus  mendapat tugas jabatan baru dari Pemkab Aceh Barat sehingga tidak mempunyai waktu lagi untuk STIMI.. Maka pada saat itu pula dengan mengawali pergantian pengurus Yayasan ke Sdr Kaswadi, SE  kemudian selanjutnya untuk keberlangsungan STIMI Pembina Yayasan juga menunjuk lagi saudara Ir Tajuddin Marlian, MM sebagai ketua yang kelima  tahun 2008/2009, pada awal kepemimpinan beliau ini telah melakukan pendekatan dengan Pemkab Aceh Barat  sehingga pada tahun itu adanya bantuan dari Pemkab Aceh Barat untuk membantu biaya operasional STIMI pada saat itu sejumlah Rp. 50.000.000,-namun memasuki awal tahun  2009 beliau terlihat sudah tidak mempunyai waktu lagi untuk STIMI sehingga pada saat itu terjadi kekosongan pimpinan yang berimbas pada macetnya kegiatan akademik serta timbul gejolak mahasiswa. Mengatasi ini pengurus senat merekomendasi Pengurus Yayasan untuk melakukan penggantian pengurus sesuai dengan tuntutan Statuta STIMI yaitu dipilih oleh senat dan pengesahan oleh yayasan dengan masa jabatan empat tahun lamanya per priode.

          Hasil pemilihan tersebut terpilihlah saudara H. Teuku Bustami NA, S.E, MM, MSc, sebagai Ketua STIMI yang keenam untuk priode  2009-2013. Mengawali priode ini membludaknya masuk mahasiswa baru tahun 2009 sehingga harus menambah ruang belajar sebanyak 8(delapan) ruang dengan menyewa Ruko di Jalan Sentosa. Tahun ini juga melakukan pembenahan internal, perpanjangan izin dan pengurusan Akreditasi. Tahun kedua melakukan pendekatan dengan Pemprov sehingga mulai tahun 2010 telah memperoleh bantuan hibah dari Pemprov, Tahun 2011 melakukan pendekatan kerja sama dengan Unsyiah dalam pelaksanaan workshop penelitian sehingga tahun 2012 mendapat tambahan dana workshop dari Biro Isra Aceh. Dilain pihak terus berupaya untuk merealisasikan pembangunan gedung baru yang pada  awal tahun 2013 telah terbangun findasi dan tiangnya di Desa Langung Kecamatan Meurebo Aceh Barat. Dalam Priode ini telah dilaksanakan Wisuda Angkatan ke 2, 3,4 dan 5 tahun 2013 yang juga pada tahun ini priode kepemimpinan STIMI keenam berakhir. Selanjutnya dilakukan lagi pemilihan dan terpilih kembali saudara H. Teuku Bustami NA, S.E, MM, MSc, sebagai Ketuanya untuk priode  2013-2017.  Ditahun 2014 telah melakukan Wisuda Angkatan ke 6 kemudian selanjutnya pembangunan gedung baru ruang belajar yang  dipertengahan tahun tersebut telah selesai dibangun 2 lantai dan telah dimanfaatkan lantai satu untuk kuliah Semester genap tahun 2014/2015 lalu. Tahun 2015 menyelesaikan pembangunan gedung lantai 3 dan gedung Kantor serta pengurusan peningkatan Status Akreditasi Prodi juga Institusi.

Latest Posts


BEM
Category: BEM, Created at: 20-08-2016
PENGUMUMAN KHS SMT GENAP & AKTIF PERKULIAHAN
Category: INFORMASI, Created at: 21-08-2016
PRESTASI MAHASISWA (DUTA BACA KAB. ACEH BARAT)
Category: BERITA, Created at: 06-09-2016
PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI GELOMBANG I
Category: INFORMASI, Created at: 29-08-2016
PENGUMUMAN HASIL UJIAN SELEKSI GELOMBANG II
Category: INFORMASI, Created at: 10-10-2016

All Categories


BEM

Subscribe Our Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Debitis nobis libero numquam veritatis non dicta inventore ipsam alias reprehenderit voluptate vitae perspiciatis amet vel explicabo molestiae, at qui deserunt officia.